Panduan Pembuatan makalah jurnal

 

JUDUL MAKALAH UNTUK JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI INDONESIA

(Judul dalam Bhs. Indonesia dan Inggris. Huruf : Capital, Center, Bold,  Time New Roman 14.  Sebaiknya hindari penggunaan kata “Penelitian”, “Studi”, “Pengaruh”, “Hubungan”, dan “Analisis”, terdiri 10-15 kata)

 

Nama Penulis 

(Huruf  Awal Capital, Tanpa Gelar, Center, Bold, seterusnya Time New Roman 10) 

Tempat & alamat bekerja, E-mail  (Center, Tidak Bold)

 

Abstract

Berisi uraian singkat tentang: Latar Belakang, Tujuan Penelitian, Metode, Hasil, dan Kesimpulan dalam satu paragraf. Abstrak dituliskan dalam bahasa Inggris dan Indonesia tidak lebih dari 250 kata, satu spasi. Jarak tulisan ke sisi kiri dan kanan adalah = 4 cm.

 

Key words : Mencerminkan isi artikel, dalam bhs. Ingris & Indonesia, terdiri atas 3-5 kata.

 

1.     PENDAHULUAN

        Ukuran kertas A-4, dengan format terdiri dari 2 Kolom dg jarak 1 cm. Batas tulisan dari sisi kiri = 3 cm, kanan = 2 cm, atas = 2,5 cm dan bawah = 3,5 cm. Tulisan dalam Microsoft Word, 1 spasi dengan jumlah sekitar = 8 halaman.

Alinea kedua dan seterusnya dimulai sesudah ketukan ke-6. Pendahuluan, terdiri atas Latar Belakang/permasalahan pokok dan Tujuan Penelitian. Latar belakang merupakan rasional dilakukannya penelitian yang didukung landasan teori dan hasil penelitian terkini (state of the art) terutama dari jurnal dalam dan luar negeri sebagai sumber acuan primer. Tujuan Penelitian menjelaskan manfaat yang akan diperoleh dari penelitian yang dilakukan.

 

2.      METODOLOGI

         Bagaimana peneliti melaksanakan penelitiannya, mulai dari dimensi pendekatan, cara pengumpulan data, dan cara menganalisis datanya. Metode mencakup penjelasan 2 hal penting yaitu bahan atau material dengan spesifikasi lengkap dan prosedur kerja yang menguraikan variable yang digunakan, cara mendapatkan data yang diinginkan & cara pengolahan/analisisnya secara sistematis.

 

3.      HASIL DAN PEMBAHASAN

         Hasil penelitian menyajikan berbagai karak-teristik data subjek/sampel dan temuan utama penelitian. Dalam hal ini penulis dapat memberikan interpretasi/analisis sebelum dilakukan pembahasan. Pembahasan berisi diskusi yang menghubungkan dan membandingkan hasil penelitian dengan teori/konsep/temuan dari hasil penelitian  lain menggunakan acuan primer. Pembahasan harus bermakna tidak sekedar menarasikan hasil (tabel dan gambar), serta sebaiknya mengemukakan implikasi dari hasil penelitian dan difokuskan untuk menjawab permasalahan pokok penelitian.

 

4.      KESIMPULAN 

 Berisikan jawaban dari tujuan penelitian dan bukan merupakan ringkasan hasil penelitian. 

Saran. Bersifat opsional, berada dalam bab kesimpulan dan hanya dipisahkan oleh alinea. Saran dapat berupa implikasi terhadap program dan penelitian lanjutan yang perlu dilakukan.

 

UCAPAN TERIMA KASIH (opsional). 

Berisikan ucapan terima kasih kepada pemberi dana atau sponsor, penyumbang bahan dan sarana penelitian. Nama dituliskan tanpa gelar.

 

DAFTAR PUSTAKA

Kualitas dan kuantitas Daftar Pustaka merupakan indikator terhadap kualitas artikel.  Gunakan pustaka terbaru (5 tahun terakhir), dengan rasio pustaka primer/Jurnal lebih 80%. Jumlah Pustaka yang digunakan minimal 10 rujukan. Sedangkan untuk makalah hasil review/tinjauan pustaka/hasil pemikiran, minimal 25 rujukan. 

Rujukan ditulis menggunakan sistem Harvard yang berisi nama-tahun disusun menurut urutan abjad nama penulis. Nama Penulis harus dibalik, tahun. Judul Makalah atau Judul Buku. Nama Jurnal/Majalah. Nomor  terbitan atau jilidnya, Penerbit, Kota, Halaman.

 

Contoh :

Jurnal:

Pawiroharsono, S. 1998. Benarkah Tempe Sebagai Antikanker. Jurnal Kedokteran dan Farmasi MEDIKA, No.12, Tahun Ke-XXIV, Desember 1998. p: 815-817.

 

Buku:

Anderson, J.J.B.  and Garner, S.C. 2000.  The soybean as sources of bioactive molecules. In: Essentials of functional foods, Chapter 11. Anaspen Publication, Gaithersburg, Maryland, p: 239 – 266.

 

Artikel dalam Prosiding:

Kawalkar, V. 2000. Cancer breast and soy nutrients beyond essential. Prosiding “ISPUC-III”, October 15 – 20, 2000, Tsukuba, Japan.p: 201-202.

 

Skripsi, Tesis, Disertasi:

Friska T. 2002. Penambahan sayur bayam (Amaranthus tricolor L.), sawi (Brassicajuncea L.) dan wortel (Daucus carota L.) pada pembuatan crackers tinggi serat makanan [skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

 

Internet:

WHO. 2009. Key strategies for promotion of  breast feeding: Facts and Figures. World Health Organization Western Pacific Region. Http://www.wpro.who.int/internet/resources.ashx/NUT/ Global+Facts+and+Figures.pdf  [diakses 8 April 2015]

 

TABEL - GAMBAR. 

Urutan pemuatan tabel atau gambar sesuai dengan sitasi pada naskah. Jumlah maksimal tabel dan gambar adalah 8 buah. Ilustrasi gambar yang berupa foto disertakan dalam Judul tabel dan gambar ditulis rata kiri, menggunakan huruf kecil kecuali huruf pertama pada awal judul, nama tempat dan waktu.

 

MAKALAH REVIEW (HASIL PEMIKIRAN)

Makalah hasil review / tinjauan pustaka / hasil pemikiran. Malakah disusun dengan mengikuti pola pikir pada makalah hasil penelitian, pengembangan dan penerapan teknologi, yaitu dimulai dengan pendahuluan yang menjelaskan pokok permasalahan dan tujuan penulisan artikel, yang diikuti dengan ulasan untuk evalusi/ analisis untuk mendapatkan solusi atas permasalahan, dan diakhiri dengan kesimpulan. Makalah jenis ini harus didukung dengan referensi yang memadai (minimal 25 referensi acuan) dan mempunyai kebaruan  (state of the art) Adapun susunan penulisannya tidak mengikuti struktur susunan penulisan makalah hasil penelitian, pengembangan dan penerapan teknologi. 

 

Artikel dikirim ke : 

•Redaksi  JSTI, Humas BPPT, Jl. MH. Thamrin No. 8, Gdg II, Lt. 7. Jakarta Pusat.

•Email  :  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  ditembuskan ke :  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. .

 

Keterangan : 

•Di halaman  akhir, sertakan  no telpon (HP) Penulis yang mudah dihubungi.

 

Berita

BERITA