Profil

PROFIL JSTI

 

Jurnal Sains dan Teknologi Indonesia (JSTI), adalah wadah informasi bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) berupa hasil penelitian, pengembangan dan penerapan serta kajian/review/hasil pemikiran ilmiah, terkait dalam bidang Iptek.  JSTI merupakan kelanjutan dari “Majalah BPPT”, yang diterbitkan oleh Biro Umum dan Humas BPPT, sejak 1985.  Pada bulan April 1999 nama “Majalah BPPT” berubah menjadi JSTI, berdasarkan SK Menteri Penerangan dan SK Kepala PDII-LIPI, dengan nomor ISSN 1410-9409.  Frekwensi terbit sampai saat ini tetap tiga kali setahun, yaitu bulan April, Agustus dan Desember.

 

Pada bulan Juni 2008 JSTI statusnya sudah “terakreditasi” oleh LIPI dengan bidang Keilmuan : Rekayasa (Teknik) dan Teknologi dengan masa berlaku akreditasi selama 3 tahun. Kemudian pada 2011, berdasarkan akreditasi ulang, status JSTI tetap terakreditasi sampai Juni 2013.  Sejak Juni 2013 sampai 2015 JSTI tidak terakreditasi dan terkendala penerbitannya.

 

Untuk mengusulkan akreditasi baru ke LIPI, maka pada bulan 27 Mei 2015 Susunan Pengelola JSTI dirubah, berdasarkan Surat Keputusan Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Nomor 139 Tahun 2015. Tentang : Pembentukan dan Pengangkatan Tim Pengelola Majalah Ilmiah Jurnal Sains dan Teknologi Indonesia di Lingkungan BPPT.